Perubahan Hidup

Tahun yang baru adalah momentum yang tepat untuk membuat komitmen untuk melakukan perubahan hidup. Akan tetapi hal ini bukan perkara mudah. Mengubah kebiasaan biasanya menimbulkan ketidaknyamanan. Meski begitu, perubahan hidup bukanlah sesuatu yang mustahil dicapai.

Langkah pertama untuk mengubah hidup adalah dengan menyadari adanya kebutuhan untuk melakukan perubahan hidup. Kebutuhan akan memotivasi kita untuk melakukan sesuatu. Mengapa kita mau berjalan ke dispenser? Karena kita butuh minum. Demikian juga kalau kita sudah menetapkan bahwa perubahan hidup adalah sebuah kebutuhan maka kita akan termotivasi untuk mencapainya.

Berikutnya, Anda perlu menetapkan tujuan dengan menggunakan pendekatan “SMART”. Dalam metode ini, tujuan Anda harus memenuhi kriteria sebagai berikut: Specifik, Measured (dapat diukur), Appropriate (sesuai kebutuhan Anda), Realistis, dan Time-bound (terikat waktu).

Mulailah dengan menentukan tujuan yang spesifik. Misalnya, jika Anda perlu meningkatkan aktivitas fisik Anda, jangan hanya berkata “saya akan meningkatkan aktivitas saya nanti”. Target ini tidak jelas, dan untuk mencapainya akan lebih sulit.

Cobalah menggantinya menjadi “saya akan berjalan 1 kilometer atau 2.000 langkah setiap hari.” Tapi ingat, sesuaikan target Anda dengan kondisi tubuh. Jangan memaksakan diri untuk berjalan terlalu jauh jika Anda tidak fit. Konsultasikan dengan dokter tipe olahraga yang sesuai untuk Anda.

Kunci lainnya adalah dengan menetapkan target yang realistis. Lakukan langkah demi langkah menuju target utama Anda. Misalnya, jika Anda ingin mahir mengemudi mobil, maka mulailah dengan belajar mengemudi di tempat yang aman dulu.

Setelah itu, mulai mengemudi di jalan raya yang sepi. Jika sudah percaya diri, mulai mengemudi di tempat yang lebih ramai.

Dengan menjalani perubahan setahap demi setahap, Anda akan tetap termotivasi untuk menyelesaikan keseluruhan program. Namun jika Anda menetapkan target yang tidak realistis, misalnya langsung menjuarai balapan mobil, maka Anda akan lebih cepat merasa frustasi.

Ketika perubahan dimulai, maka catatlah perkembangannya dalam catatan harian. Dalam diari ini, Anda bisa mencatat apa yang Anda lakukan dan perkembangan apa saja yang mulai terlihat. Sekecil apa pun itu.

Yang Anda perlukan hanyalah sebuah buku. Mulailah menuliskan kondisinya sebelum dimulai perubahan, kemudian rekamlah perkembangannya. Diari membantu Anda tetap bersemangat menjalani keseluruhan program sampai selesai.

Jika Anda mulai mengalami kemajuan, jangan lupa memberikan hadiah dengan pada diri sendiri. Berikan hadiah yang positif. Jangan sampai ketika Anda berhasil berhenti merokok selama sebulan, maka Anda memberikan hadiah dengan membiarkan Anda merokok sebatang.

Ketika Anda memulai target baru, tawarkan diri Anda sebuah janji hadiah, misalnya, “Jika saya mencapai target ini, saya akan membeli CD lagu kesukaan saya.”

Dengan melakukan perubahan ini, maka Anda kehidupan Anda akan menjadi lebih baik.

 

Purnawan Kristanto

Tulisan ini dikutip sudah seizin penulis.

Laman asli tulisan ini lihat di: http://renungan.purnawan.web.id/?p=716

Penulis adalah writer | trainer | humanitarian volunteer | video & photo hobyist | jazz & classic lover | husband of priest | father of two daughters |

0
0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest