Penampilan Fisik

Seorang narapidana penjara New York, AS, mendapatkan cara jitu dan sederhana untuk keluar dari penjara dengan berpenampilan sangat meyakinkan. Saat persidangan dia mengenakan setelah jas rapi lengkap dengan dasinya. Dengan begitu, seorang petugas mengira narapidana itu seorang pengacara dan bertanya, “Sedang apa di sini Konselor?”

Ronald Tuckman, si narapidana, menyadari kesalahan itu dan dengan ringan bertanya, “Ke mana jalan ke luar?” Dengan senang hati, penjaga menunjukkan jalan menuju lobi. Tentu kesempatan ini tidak disia-siakan Tuckman. Dia lalu pergi mengunjungi ibunya yang berusia 81 tahun untuk bertukar pakaian lalu menghilang.

Jangan terkecoh oleh penampilan. Jangan terpesona oleh bungkus.

1 Samuel 16:1-13

“Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (1 Samuel 16:7)

Pada zaman modern, kemasan menjadi faktor yang sangat penting. Sebuah produk bagus susah dipasarkan jika tidak dikemas dengan baik. Celakanya, sebuah produk yang pas-pasan dapat didongkrak pemasarannya dengan pengemasan yang baik.

Pepatah mengatakan “Don’t judge the book by its cover“, artinya jangan gegabah menghakimi sebuah buku hanya berdasarkan sampulnya. Kita harus membaca isi buku lebih dulu sebelum menilai buku tersebut baik atau buruk. Demikian juga terhadap manusia. Sebaliknya kita mengenalnya baik-baik lebih dulu sebelum mengeluarkan penilaian.

SMS from God: Isi belum tentu sama dengan kulit. Dondong berkulit halus tapi berisi duri. Salak berkulit kasar, tapi isinya halus.

 

Purnawan Kristanto

Catatan: Tulisan ini dikutip sudah seizin penulis.

Laman asli tulisan ini lihat di: http://renungan.purnawan.web.id/?p=20

Penulis adalah writer | trainer | humanitarian volunteer | video & photo hobyist | jazz & classic lover | husband of priest | father of two daughters |

0
0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest