Semakin Tangguh!

Selamat memaknai hari kenaikan Tuhan Yesus! Sebuah hari raya dalam kalender gereja, yang mungkin kurang terdengar gaungnya dibanding Natal dan Paskah.

Natal, Paskah, dan kenaikan Tuhan Yesus adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam karya pelayanan Yesus di dunia. Peristiwa Natal adalah awal, penyaliban dan Paskah adalah penggenapan, kenaikan Tuhan Yesus adalah akhir pelayananNya di dunia secara kasat mata.

Akhir kehidupan Yesus di dunia membawa implikasi untuk para pengikutNya: awal menghidupi kehidupan yang berpusatkan pada Kristus tanpa pendampingan dari Kristus secara lahiriah.

Hal ini bukan hal mudah. Menghidupi kehidupan yang berpusatkan pada Kristus di tengah-tengah dunia yang semakin lama terasa semakin buruk. Namun, tantangan itu ada untuk membuat kita menjadi semakin tangguh.

Jika Kristus tidak naik ke surga, maka tidak akan ada ketangguhan Petrus, Paulus, Filipus. Rasul-rasul tidak akan punya kisah sendiri untuk dituliskan, tidak akan ada surat-surat yang menguatkan dari Paulus.

Pada akhirnya, “what makes us a human? A story that we tell.” Semoga kita semua memiliki dan selalu memiliki kisah-kisah baik untuk dibagikan dan diwariskan kepada setiap umat di bumi tercinta ini.

Selamat merayakan Hari Kenaikan Tuhan Yesus.

Rouli Esther Pasaribu

Penulis adalah pengajar paruh waktu di Program Pascasarja Kajian Wilayah Jepang UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.