Waspadalah! 6 Camilan Ini Ternyata Tinggi Kolesterol

Duduk-duduk ngerumpi bersama kawan sambil makan camilan plus kopi hangat di sudut sebuah kafe, tentu sangat menyenangkan. Atau buat yang gemar nonton bola, setoples kue kering renyah bakalan bikin nonton tambah seru.

Sayangnya, kamu mesti waspada. Beberapa camilan ternyata tinggi kolesterol.

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang kamu bisa rasakan seperti pusing pada bagian belakang kepala, pegal pada tengkuk dan pundak, atau bahkan nyeri pada dada bagian kiri seperti tertusuk. Kamu mesti kenali gejalanya.

Ini tentu penting, karena kadar kolesterol tinggi memicu serangan jantung dan stroke. Dua hal ini menduduki dua peringkat teratas penyebab kematian di dunia.

Di Indonesia, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2013, stroke dan penyakit jantung juga menduduki peringkat teratas penyebab kematian di Indonesia.

Catatan dari Kalbe Nutritionals bisa jadi peringatan buat kita semua. Menurut riset perusahaan kesehatan ini, stroke dan penyakit jantung memiliki keunikan karena faktor risikonya sama. Orang dengan kadar kolesterol tinggi, berisiko hingga 2 kali lipat menderita penyakit jantung dibandingkan orang dengan kadar kolesterol normal.

Sementara itu, proporsi rata-rata masyarakat Indonesia dengan kadar kolesterol total diatas nilai normal adalah 35% atau berarti secara statistik 1 dari 3 orang. Proporsi masyarakat dengan LDL (kolesterol jahat) diatas nilai optimal mencapai 76,2% (dengan proporsi kategori LDL tinggi atau sangat tinggi 15,9%).

“Kolesterol jahat merupakan bagian penting dalam mekanisme terbentuknya plakaterosklerosis yang menyebabkan penyempitan dalam pembuluh darah jantung. Salah satu penyebab kandungan kolesterol jahat tinggi adalah konsumsi makan yang kurang sehat secara berlebih,” kata Dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Klikdokter.com.

Nah, ini dia camilan yang ternyata tinggi kadar kolesterolnya.

Gorengan
Beberapa kafe gaul banyak menyediakan menu pisang goreng atau tahu goreng. Endapan akibat minyak jenuh gorengan dapat memicu penyumbatan pembuluh darah.

 

Makanan Bersantan
Ngemil minum cendol, segar pasti. Masalahnya, santan yang dituang di atas cendol ini yang bahaya. Kadar minyak jenuh tinggi pada santan dapat meningkatkan kadar kolesterol.

 

Aneka Kerupuk
Kerupuk memang hiasan sempurna dari menu utama seperti nasi goreng atau gado-gado. Namun, kadar lemak kerupuk yang digoreng meningkat 20-30 kali, menyebabkan meningkatnya kadar lemak jahat dalam tubuh.

 

Es Krim
Sajian es krim sekarang emang makin cantik-cantik bentuknya. Menggiurkan. Asal tahu saja. es krim memiliki kadar lemak yang sangat tinggi karena terbuat dari krim susu sapi.

 

Telur Puyuh
Nah ini bagi yang demen nongkrong di tukang bubur, atau duduk-duduk lesehan sambil menikmati menu angkringan. Satu butir telur puyuh mengandung 3.640mg kolesterol, setara dengan 3x kebutuhan kolesterol harian manusia

 

Aneka Kue Kering
Ngopi sambil “nyambi” makan kue kering, pas banget. Kue kering mengandung mentega, krim, susu dan keju yang mengandung lemak jenuh dan meningkatkan kadar lemak jahat di tubuh.

0
0 Likes

Job Palar

Wartawan situs berita sinarharapan.net, penyuka traveling bersama keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest