Tips Berselancar di Dunia Maya dengan Aman dan Nyaman

Penggunaan Internet di Indonesia pada masa kini memang luar biasa masif. Tapi bagaimana caranya supaya kita bisa aman dan nyaman di dunia maya? Berikut tips-tipsnya.

***

Penggunaan Internet di Indonesia pada masa kini memang luar biasa masif. Internetlivestats.com mencatat, pengguna Internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 53 juta lebih, atau 20,4 persen dari total populasi 260 juta lebih.

Dibandingkan dengan dunia, pengguna Internet di Indonesia adalah 1,6 persen dari total 3,42 miliar pengguna Internet dunia. Perlu dicatat, berbagai riset meramalkan bahwa angka-angka itu masih akan terus bertambah.

Untuk apa saja Internet digunakan di Indonesia? Bermacam-macam. Mulai dari browsing informasi di dunia maya, media sosial, belanja online, dan sebagainya. Mulai dari hal-hal yang positif, sampai untuk melakukan kejahatan.

Melihat luasnya jangkauan dunia maya, kita perlu menggunakan Internet dengan bijak. Demi kebaikan diri sendiri dan tentunya orang lain. Perilaku baik ini juga perlu disebarluaskan, supaya lebih banyak lagi orang yang menggunakan Internet untuk kebaikan, bukan kejahatan.

Ada beberapa tips untuk berperilaku bijak saat kita beraktivitas di dunia maya:

Supaya Kita Aman

1. Hati-hati di tempat publik. Kita sering harus menginput data pribadi saat melakukan transaksi elektronik di dunia maya, baik itu yang berhubungan dengan masalah keuangan atau lainnya. Jangan lakukan hal semacam ini di komputer publik, misalnya di warnet atau perpustakaan umum. Saat ini ada banyak serangan kriminalitas di Internet, seperti phishing (situs palsu), spyware, dan virus atau malware. Sekarang kejahatan itu tujuannya bukan lagi untuk merusak komputer tapi untuk mencuri informasi penting kita, seperti password transaksi keuangan, dan sebagainya.

2. Waspadalah pada permintaan input data pribadi apalagi informasi keuangan, seperti nomor kartu kredit, informasi akun bank, dan sebagainya. Jangan share data ini di situs yang tak menyediakan fasilitas pengamanan transaksi. Bagaimana mengetahui fasilitas ini? Pertama, ada ikon gembok di sebelah alamat URL website itu. Kedua, alamat web itu akan berubah dari “http” ke “https” saat muncul permintaan pengisian data.

3. Berhati-hatilah membuka email dari sumber yang tak jelas, meski subject-nya ‘menggoda’. Bila perlu, tak usah dibuka, langsung buang saja ke kotak sampah. Fasilitas email provider saat ini sudah menyertakan fitur spam filter, manfaatkan itu dengan baik. Tak ada salahnya mengecek kotak spam, siapa tahu ada email penting yang nyasar ke sana, sebab itu mungkin saja. Tapi email-email aneh di kotak spam itu sebaiknya jangan diutak-atik. Secara periodik engine email akan menghapus isi kotak spam itu.

4. Aktifkan dan perbarui selalu software antivirus atau firewall di sistem komputer. Ini adalah sistem pertahanan untuk melindungi komputer atau perangkat mobile kita dari serangan program jahat (malware) dan sebagainya.

Supaya Kita Nyaman

1. Batasi waktu mengakses Internet. Misalnya, dua jam saja per hari. Jangan terlalu lama berselancar di dunia maya lalu kehilangan waktu-waktu berkualitas dengan keluarga. Kecuali saat kita di kantor atau memang bekerja dengan mengandalkan koneksi Internet. Di rumah, jangan berlebihan.

2. Tetapkan tujuan mau ngapain di dunia maya. Dengan adanya tujuan dan patuh pada tujuan, kita enggak akan ‘nyasar’. Apalagi sampai nyasar ke web-web yang tak pantas seperti situs pornografi dan sebagainya.

3. Manfaatkan media sosial untuk memposting hal-hal yang bermanfaat dan membangun orang lain, bukan menyebarkan pesan kebencian atau informasi palsu (hoax). Think before posting ya!

4. Manfaatkan Internet untuk kreativitas. Saat ini ada banyak platform yang bagus untuk membuat kita kreatif. Jadilah blogger dengan menulis atau memposting foto tentang segala sesuatu yang jadi passion kita. Kalau trafik tinggi, kita bisa meraih pendapatan tambahan dari sana. Atau bikinlah video-video yang menarik dan unggah ke YouTube. Kalau banyak yang menonton, kita juga bisa mendapatkan duit tambahan atau malah jadi selebriti. Intinya, manfaatkan Internet untuk hal-hal yang produktif dan menghasilkan.

5. Selain untuk mencari informasi, kita bisa jadikan Internet untuk menciptakan atau menyebarkan informasi. Saat ini ada banyak platform citizen journalism atau platform community sharing seperti Petra Online, tempat berbagi berita, cerita, informasi, atau apapun yang berguna bagi orang lain.

Selamat berselancar di Internet dengan aman dan nyaman ya!

DEDDY SINAGA

Foto: Janeb13/Pixabay

0 Likes

Deddy Sinaga

Seorang Suami | Ayah | Jurnalis | Arkeolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This