Suami-Suami, Jadilah Pahlawan dengan Cara…Mendengarkan Istrimu

Mendengarkan itu bukan hal yang mudah. Setuju? Tapi, percayalah, mendengarkan itu banyak manfaatnya.

Khususnya para suami. Para suami, perlu sekali mendengarkan apa yang disampaikan istri. Sebab kamu akan jadi pahlawannya, dan tentu saja itu tak akan sia-sia, sebab banyak manfaat yang bakal didapatkan dari hal itu.

#Pertama, untuk mengetahui apa yang dipikirkan istri tentangmu. Biarkan dia bicara tanpa kita interupsi. Percayalah, ketika kamu mulai mendengar, kamu akan semakin dicintai.

#Kedua, adu argumentasi dan pertentangan tiada habis bisa diminimalisir ketika pasangan mulai saling mendengarkan dan lebih toleran.

#Ketiga, perempuan memiliki kecerdasan yang khusus dan lelaki punya kualitas tertentu. Saat mendengarkan, relasi keduanya jadi lengkap. Tentu saja, mendengarkan bukan berarti harus menerima apapun yang dikatakan. Dengarkan, lalu gunakan kebijaksanaanmu.

#Keempat, mendengarkan akan menghadirkan pembicaraan yang sehat dan hubungan yang harmonis. Kalau tak mau mendengarkan, sama saja kita membutakan diri.

#Kelima, studi membuktikan, suami yang punya kesabaran untuk mendengarkan adalah lelaki yang layak diberi label “Suami yang baik”.

#Keenam, mendengarkan adalah bukti cinta. Itu menunjukkan betapa kamu mengasihi istri dan tidak berarti secara membabibuta mengikuti perkataannya. Dengarkanlah dulu tanpa menghakimi dan tunggu apa yang terjadi.

#Ketujuh, mendengarkan adalah satu-satunya cara untuk bertumbuh. Ketika anak-anak, kamu mendengarkan orang tua dan guru, lalu belajar dari mereka. Di kantor, kamu mendengarkan atasan dan kolega dan belajar dari mereka. Kamu pun bisa belajar sesuatu dari istri, bukan?

#Kedelapan, kalau kamu ingin suasana tempat tidur lebih menggairahkan, mulailah mendengarkan apa yang dibutuhkan pasangan.

Bukan sekadar mendengarkan.

Dalam seni mendengarkan, kamu bukan hanya mendengarkan kata-kata, tapi juga bagaimana kata-kata itu diucapkan dan pesan nonverbal yang bisa ditangkap dari kata-kata yang didengarkan.

Saat mendengarkan, berusahalah untuk tidak memikirkan apa kata berikutnya, tapi jernihkan pikiran dan fokus pada pesan yang disampaikan. Supaya tercapai tujuannya, yaitu mampu menerima dan menginterpretasikan pesan dalam proses komunikasi itu dengan akurat.

Keahlian mendengarkan ini sangat penting lho ya. Bahkan perusahaan besar memberikan pelatihan ini pada karyawan-karyawannya.

Sebab, seni mendengarkan itu rupanya berkaitan dengan kenyamanan konsumen, produktivitas yang lebih besar, berbagi informasi yang ujung-ujungnya jadi lebih kreatif dan inovatif.

Tak heran kan kalau mendengarkan pun itu sangat bermanfaat dalam kaitan hubungan suami dan istri.

 

4 Likes

Deddy Sinaga

Seorang Suami | Ayah | Jurnalis | Arkeolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This