Jadi Jimat hingga Antinuklir, Inilah Simbol-simbol Kekristenan Paling Populer

Kekristenan adalah agama yang paling populer di seluruh dunia. Ada lebih dari satu miliar orang dari seluruh dunia yang menganut agama Kristen.

Umat Kristen secara umum percaya pada salah satu simbol terpenting, yaitu Salib. Arti penting di balik Salib adalah ini merupakan pengingat akan penderitaan Kristus yang telah berkorban menderita di kayu salib.

Salib pun berubah menjadi simbol agama paling populer di dunia. Simbol palang kayu dalam kekristenan ini menjadi pusat perhatian setelah kekuasaan Kaisar Romawi Constantine. Dia memeluk agama Kristen di tahun 3000 Masehi.

Namun, simbol Salib sebenarnya ada jauh sebelum Kristus dan dijadikan motif hiasan. Salib pun kemudian menjelma menjadi simbol kekristenan pertama-tama.

Simbolisme ini sebetulnya hanya untuk dipahami oleh penganut Kristen mula-mula. Penindasan demi penindasan oleh penguasa Romawi pada zaman Gereja mula-mula membuat jemaat harus menggunakan simbol-simbol sebagai tanda komunikasi.

Baru setelah legalisasi agama Kristen di abad ke-4, lebih banyak simbol yang bisa dikenali masuk dalam penggunaan sehari-hari.

Ada lebih dari satu juta simbol dalam agama Kristen. Inilah beberapa simbol agama Kristen yang penting, bahkan sampai saat ini.

 

Salib Ankh

boldsky.com

Inilah salah satu simbol kekristenan yang juga sangat terkenal. Salib Anch atau Ankh dalam bahasa Mesir. Salib ini melambangkan mitos tentang kehidupan dan kekekalan. Ini adalah salib Mesir yang juga melambangkan kelahiran kembali dan kehidupan yang berasal dari kekuatan matahari.

Simbol Ankh adalah garis sederhana dari struktur rahim. Simbol ini bagi bangsa Mesir merupakan simbol tentang kehidupan, karena kehidupan berasal dari rahim seorang perempuan.

 

Tanduk Italia

boldsky.com

Ini adalah satu lagi simbol kekristenan yang terkenal dan sering digunakan seperti jimat perlindungan. Jimat kuno dan magis yang dipakai banyak orang Italia untuk melindungi mereka dari sesuatu yang jahat. Tanduk Italia biasa dipakai bersama dengan Salib.

 

Salib Nero

Simbol ini merupakan simbol perdamaian dalam agama Kristen. Salib Nero melambangkan hancurnya kekerasan dan terwujudnya perdamaian di dunia. Kaisar Nero pada masanya memang memburu umat Kristen, dan menyalibkan orang Kristen terbalik.

Lambnag ini dihidupkan kembali pada tahun 1960-an oleh para aktivis yang memprotes senjata nuklir.

http://thepropheticscroll.org/home/art/50-editions/general/411-edition-271.html

 

Pentagram

boldsky.com

Ini adalah simbol lain yang digunakan untuk perlindungan. Keempat elemen dasar yang hadir dalam pentagram menunjukkan angin, air, bumi dan api. Mereka membentuk semua unsur yang ada di bumi ini.

 

Salib

boldsky.com

Inilah simbol terpenting dalam agama Kristen. Simbol ini melambangkan penderitaan Kristus untuk menebus dosa umat manusia dengan darahNya sendiri.

 

Salib Anthony/Salib Tau

boldsky.com

Bentuk huruf Tau atau alfabet Twas ditafsirkan sebagai mewakili salib dari zaman dahulu. Inilah Salib yang dianggap sebagai simbol keselamatan.

 

Salib Cantebury

 

boldsky.com

Ini adalah salib yang memiliki empat lengan dengan panjang yang sama dan melebar membentuk palu di bagian luar. Salib Cantebury menjadi lambang bagi Gereja Anglikan.

 

Salib Koptik

Simbol ini telah dipengaruhi oleh salib Ankh. Salib Koptik diadopsi oleh Gnostik Kristen awal. Lingkaran di salib Koptik mewakili kasih abadi dan kekal Allah.

 

Salib Yunani

Salib ini adalah salah satu simbol manusia yang paling kuno dan telah digunakan oleh banyak agama. Salib Yunani mewakili empat bagian di dunia yaitu Utara, Timur, Selatan dan Barat.

 

Salib Rasul Petrus

Inilah salah satu simbol paling menonjol dalam iman Kristen. Dalam literatur kekristenan, Rasul Petrus meminta disalib dengan cara terbalik saat menyerahkan diri di zaman Romawi saat pemerintahan Kaisar Nero.

Permintaan ini karena Petrus merasa tidak layak disalibkan sama dengan Kristus. Salib terbalik ini menjadi pengingat bagi umat Kristen atas perjuangan jemaat mula-mula yang luar biasa.

 

Sumber: boldsky.com dan beberapa sumber lainnya

0
0 Likes

Job Palar

Wartawan situs berita sinarharapan.net, penyuka traveling bersama keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest