Sensasi Sate Satu Meter ala Para Bangsawan Jawa

Memasuki Restoran Harum Manis benar-benar bisa memberi pengalaman berbeda bagi pengunjungnya. Suasana Jawa klasik langsung terasa begitu kita berada di bagian dalam restoran.

Banyak restoran mewah di Jakarta yang menyajikan suasana kemewahan ala Eropa, namun Harum Manis memilih menyajikan romantisme ala para bangsawan Jawa. Empat tiang kayu besar di tengah ruangan terasa seperti pendopo di rumah-rumah Jawa. Ornamen tradisional Jawa pun sangat menonjol dengan warna cokelat kayu yang dominan.

Alunan musik Jawa yang terdengar makin menegaskan nuansa keningratan yang ingin diberikan oleh resto ini kepada pengunjungnya. Namun uniknya, kebanyakan tamu yang masuk ke restoran ini adalah para ekspatriat, terutama dari Jepang. Ada juga ekspat asal Eropa dan Korea yang sering berkunjung.

“Restoran ini memang berkiblatnya ke Jawa, konsepnya ningrat. Karena kebanyakan tamu expat yang datang, maka bumbu dan cita rasanya kami sesuaikan. Yang jelas semua bumbu berasal dari bumbu lokal, seperti pala, kapulaga, dan sebagainya,” kata Chef Beni Iskabul saat menemani saya menikmati suasana di Harum Manis.

Lihat saja nama-nama ruangan yang diberikan, sangat berbau Jawa ningrat. Nama ruangan seperti Pringitan, Gandhok, Pendopo, Senthong Kanan dan sebagainya menggambarkan konsistensi mengangkat budaya Jawa sebagai nuansa restoran.

harum-manis-interior-petraonline

Menu yang ditawarkan di Resto Harum Manis adalah lumpia, martabak telur, soto Betawi, risol, soto Bandung, sop buntut, soto ayam, sop ikan, sop iga, sop buntut, bebek panggang, ikan bakar, bebek bakar, kambing guling, nasi liwet, nasi ulem, nasi rawon, nasi campur, nasi timbel, kepiting soka, gurame goreng, aneka olahan sate, aneka macam nasi, dan berbagai makanan penutup. Ada pula paket keluarga, paket makan malam yang mewah, serta paket rijsttafel, dan paket catering acara pernikahan.

Restoran Harum Manis berada di Pavilion Apartment, Jl. KH Mas Mansyur Kav. 24, Apartemen Pavilion, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220, Indonesia . Ini sangatlah mudah dikunjungi dari wilayah Sudirman, Kuningan, SCBD, Thamrin, , serta Bursa Efek Jakarta, dan wilayah sekitarnya.

Jam operasional restoran Harum Manis dari hari Senin sampai Minggu, untuk makan siang buka antara jam 11.30 sampai jam 15.00. Makan malam dari pukul 18.00 sampai 23.00.

 

Sate Satu Meter

“Di sini juga salah satu menu andalan kami adalah sate. Sate Satu Meter namanya. Ini benar-benar sangat diminati pengunjung,” kata Chef Beni lagi.

Satu Satu Meter memang layak menjadi andalan. Sajian sate dari berbagai dari berbagai daerah di Indonesia, dengan berbagai jenis bentuk sate disajikan lengkap dalam susunan sepanjang satu meter. Alas deretan satenya pun tidak main-main, yaitu bilah bambu panjang yang dimodifikasi sehingga ada arang dan panggangan satenya di bagian tengah.

Dari sate maranggi, sate madura, sate sapi, sate kambing, sate pentul, sate cumi, sate lilit dan seterusnya lengkap disajikan dalam satu kali hidangan. Sajian sate ini dtambah lagi dengan tumis kecipir. “Dalam sehari, kami bisa menghasilkan sekitar 22-25 meter sate jika dihitung-hitung. Itu berarti sekitar 600 tusuk sate. Sate termasuk menu favorit di sini,” kata Chef Beni lagi.

Ada lagi satu menu andalan, yaitu Udang Bakar Banjarmasin. Udang yang dipakai memang harus datang dari wilayah Banjarmasin, atau setidaknya dari Kalimantan. “Udang dari Kalimantan tekstur beda, warnanya pun beda. Udang Kalimantan warna dagingnya merah kuning,” kata Chef Beni.

Hampir semua hidangan di Harum Manis disajikan dalam porsi besar, rata-rata porsi untuk empat orang. Satu hidangan yang juga sangat digemari di sini, yaitu Bebek Panggang Special Harum Manis.

Tampilannya juga terlihat mengundang selera. Bebek satu ekor dipotong menjadi beberapa potong yang selanjutnya dipanggang dengan bumbu spesialnya khas Harum Manis. Pendampingnya ada nasi campur yang terdiri dari nasi putih, kuning, merah, dan hijau yang di mix dengan serundeng dan taburan dari kacang mete.

Selain menu makanan yang rata-rata porsi besar, Harum Manis juga menyediakan banyak jenis minuman. Berbagai jenis minuman tradisional bisa ditemukan di Harum Manis.

Dua minuman yang layak dicoba di sini adalah Es Teh Sari kelapa dan Es Teh Kweni. Kedua minuman ini termasuk dalam jajaran minuman yang direkomendasikan di Harum Manis. Berbahan dari dasar air teh, kemudian yang ditambah dengan potongan buah kweni dan juga potongan dari kolang-kaling berwarna hijau. Wanginya kweni membuat minuman sangat segar.

“Memang sebaiknya jika ingin menikmati makanan di sini pengunjung mesti booking karena sering kali kapasitasnya yang 154 kursi tidak mencukupi untuk melayani banyaknya pengunjug, sering terjadi waiting list,” kata Fani Moe, Marketing & Communication Manager Harum Manis.

Di sela-sela perkembangan restoran mancanegara yang banya bermunculan di Jakarta, seiring banyaknya warga asing maupun warga Indonesia asli yang gemar makan makanan khas luar negeri, kehadiran Harum Manis yang menawarkan masakan khas Indonesia benar-benar menjadi kekhasan tersendiri.

Dan ternyata, restoran seperti ini pun dengan nuansa Jawa yang kental malah diserbu oleh para pekerja ekspatriat yang sangat ingin mencari suasana dan pengalaman baru dalam menikmati cita rasa kuliner.

 

Foto: Restoran Harum Manis

0 Likes

Job Palar

Wartawan situs berita sinarharapan.net, penyuka traveling bersama keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This