Politik Bikin Stres, Ini Tips Biar Kamu Rileks

Setahu saya, pemilihan umum dan pemilihan presiden atau kepala daerah kerap disebut sebagai “pesta demokrasi”. Tapi kalau melihat fenomena akhir-akhir ini, suasananya jauhhh dari arti pesta.

Alih-alih gembira, ketegangan merembet di mana-mana. Terutama di jagad maya dan media sosial. Kebencian dan kemarahan jadi warna jamak di timeline kita.

Kalau kamu bukan termasuk yang berkepentingan sama hiruk pikuk itu, tapi kemudian terganggu pada ketegangan yang menular, bahkan ikut jadi stres juga, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Puasa media sosial
Tinggalkan dulu aktivitas di media sosial dan sibukkan diri kamu dengan kegiatan lain, misalnya tenggelam dalam pekerjaan, membangun waktu berkualitas dengan keluarga, dan sebagainya. Tapi itu mungkin sulit. Kalau begitu, beralih ke tips berikut.

2. Unfollow
Di media sosial seperti Facebook ada fitur unfollow, supaya kamu tak perlu terpapar postingan dari orang-orang yang bikin kamu stres. Tapi kamu masih bisa berteman dengan mereka. Kalau ini kurang greget rasanya, lanjut ke tips berikut.

3. Bersih-bersih
Ini langkah praktis saja. Daripada kamu stres, lebih baik putuskan pertemanan di media sosial. Apalagi kalau teman yang rese itu sekadar teman ketemu di medsos. Bukan berarti kalian tak bisa berteman lagi. Bukankah bertemu muka dengan muka itu lebih baik?

Nah, kalau sudah begini, biasanya suasana hati akan lebih baik. Tapi kalau sudah terlanjur stres, marah, atau lelah hayati, tips berikut barangkali bisa membuat kamu rileks:

1. Tarik nafas yang dalam. Lakukan dalam posisi apa saja lalu lakukan ‘meditasi’ pikiran. Fokuskan perhatian pada apa yang terjadi saat ini. Dengarkan suaramu bernafas, cepat, lambat, dalam? Dengarkan suara-suara yang ada, atau keheningan.

2. Berendamlah di air hangat. Dijamin pikiran lebih tenang, badan lebih rileks. Atau pergilah ke tukang pijat untuk merelaksasi otot-otot.

3. Dengarkan musik yang menenangkan.

4. Menulis. Beberapa orang merasa rileks setelah menulis apa yang mereka rasakan. Bisa bikin jurnal, diary, atau menulis di blog dan portal komunitas, seperti Petra Online ini.

5. Minum air hangat tanpa alkohol atau kafein. Bisa teh atau susu hangat.

6. Pergi piknik.

Kalau kamu punya tips lain, monggo lho ya berbagi di Petra Online.

Salam damai!

Foto: moozthemes/Pixabay

3 Likes

Deddy Sinaga

Seorang Suami | Ayah | Jurnalis | Arkeolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This