Orang Indonesia Makin Kaya Saja, Ini Buktinya

Siapa bilang Indonesia secara ekonomi susah? Faktanya kekayaan rumah tangga dan pribadi di Indonesia itu naik setiap tahun.

Kekayaan rumah tangga di Indonesia tumbuh 6,4 persen pada tahun ini. Kekayaan orang per orang dewasa juga naik lho.

Fakta itu adalah hasil riset Credit Suisse Research Institute (CSRI) yang diterbitkan dalam laporan tahunan Global Wealth Report. Ini adalah tahun ketujuh CSRI melakukan riset itu.

Menarik, bahwa di saat pertumbuhan kekayaan secara global kurang begitu baik, pertumbuhan kekayaan rumah tangga di Asia Pasifik justru naik 4,5 persen.

Sejak 2013, pertumbuhan kekayaan global tak memperlihatkan angka yang memuaskan. Ini dipicu krisis finansial pada 2008. Sebelumnya, menurut laporan CSRI itu, kekayaan global bisa bertumbuh sampai dua digit.

Di balik pertumbuhan kekayaan Asia Pasifik yang menjanjikan, Indonesia juga fantastis. Kekayaan rumah tangga di Indonesia tumbuh 6,4 persen pada 2016 dengan nilai total US$1,8 triliun. Rupanya, krisis finansial dunia tak berpengaruh besar pada kekayaan di Indonesia.

Laju kekayaan rumah tangga di Indonesia sejak 2008 adalah rata-rata 5,9 persen. Diproyeksikan, kekayaan rumah tangga di Indonesia akan meningkat 7,9 persen per tahun selama lima tahun ke depan ini, dan akan mencapai US$2,6 triliun pada 2021.

Sedang kekayaan orang per orang dewasa dalam rupiah juga meningkat 6 kali lipat selama kurun waktu 2000-2016 (12,2 persen per tahun). Ini sejalan dengan pertumbuhan PDB per orang dewasa di Indonesia yang mencapai 12,3 persen antara 2000-2016.

Kalau rumah tangga Indonesia terbilang kaya, apa saja kekayaannya? 88 persen aset bruto adalah aset riil lho. Sedang utang hanya 6 persen.

Sebanyak 84 persen orang dewasa kita itu memiliki kekayaan senilai US$10.000 atau sekitar Rp130 juta. Rata-rata di dunia, hanya 74 persen orang dewasa.

Sedang yang di atas rata-rata (kita bicara soal kaum miliuner), jumlahnya juga bertumbuh pesat 13 persen. Saat ini sudah ada 112.000 miliuner di Indonesia dengan total kekayaan mereka US$500 miliar.

CSRI memprediksi, jumlah miliuner kita akan bertambah 9,1 persen per tahun dan akan mencapai 173.000 orang pada 2021.

Bagaimana CSRI menghitung kekayaan? Menurut mereka sih, kekayaan itu dihitung berdasarkan nilai aset finansial dan aset riil (berupa properti), setelah dikurangi utang.

China, Korea, dan Indonesia, adalah negara-negara di Asia Pasifik yang kekayaan penduduknya menanjak di piramida kekayaan dunia.

Foto: Pixabay/Stevepb

 

0
0 Likes

Deddy Sinaga

Seorang Suami | Ayah | Jurnalis | Arkeolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest