Siap-siap Jakarta Padat Lagi, Ini Kiat Usir Stres Saat Macet

“Loh, ini Bundaran HI ada kembang-kembangnya? Sejak kapan? Kok aku lewat setiap hari nggak sadar ada bunga-bunga di sekeliling Bundaran HI?”

Ya, ampun. Segitu abainyakah bapak ini dengan lingkungan sekitar? Si bapak yang berujar di atas padahal mengaku kerja di kawasan Jalan MH Thamrin, setiap hari lewat, tetapi baru sadar kalau Bundaran HI dikelilingi dengan berbagai jenis tanaman dan bunga-bunga sungguhan.

“Maklum deh, lewat sini selalu macet, jadi ya di mobil cuma fokus lihat mobil di depan, terus maju sedikit-sedikit,” kata bapak itu lagi membela diri, saat saya tanya kok bisa anda lewat sini tiap hari tapi enggak tahu ada perubahan di lingkungan sekitar.

Perbincangan ini terjadi saat saya dan beberapa teman hobi fotografi meniatkan diri untuk memotret lansekap kota Jakarta yang sedang sepi ditinggal warganya, Senin, 26 Juni 2017, tepatnya hari kedua Lebaran. Beberapa foto saya sertakan di tulisan ini.

Bundaran HI adalah tempat kami berkumpul, dan seperti yang sudah kami duga, ruas-ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin sepi banget, apalagi saat kami berkumpul sekitar pukul 07.00-08.00 WIB.

Sesekali bus Transjakarta lewat, lalu para pesepeda memanfaatkan Jakarta sepi. Mobil dan motor pun lewat, tetapi terasa hanya satu-dua saja yang lewat dan itu pun memacu kendaraan dengan kencang. Mumpung sepi.

Ya, saya maklum. Di tengah kemacetan Bundaran HI di jam-jam sibuk kantoran, pastilah pikiran kita cuma tertuju ke pertanyaan “kapan mobil ini terbebas dari antrean kendaraan’.

Jika sudah waktunya mobil berjalan di tengah ketersendatan, mata kita hanya menatap ke depan, ke bemper mobil di depan kita. Terus-menerus begitu sampai kita mesti berbelok ke gedung atau kantor yang kita tuju.

Pantaslah bapak itu tak tahu kalo Bundaran HI mempercantik diri.

Manusia Jakarta kadang memang sering kali menjadi serupa dengan mesin. Fokus saat harus berjalan karena ada ruang di tengah macet, lalu setop lagi. Memajukan kendaraan inci demi inci. Semua dilakukan dengan berbatas ruang karoseri mobil yang ditumpangi.

Saat three in one sudah tidak berlaku, dan diganti sistem ganjil-genap, makin banyaklah kendaraan yang hanya diisi satu-dua orang saja, padahal kapasitas mobil 7 seats atau 5 seats. Akibatnya, interaksi antarindividu di dalam mobil berkurang, tetapi pertanyaannya: kalau sendirian di mobil, kenapa bisa nggak sempat ya lihat-lihat suasana Jakarta.

Jawabannya: apa yang mau dilihat! Bangunan-bangunan menjulang tinggi, kemacetan yang enggak kelihatan “ekor” dan “buntut”-nya, sangat tidak menarik buat dipandang. Bikin tambah stres.

Nah, karena hari Senin, 3 Juli 2017, seminggu setelah Lebaran sepertinya akan jadi “hari normal” kemacetan di Jakarta. Ada baiknya kita bersiap-siap menghadapi kemacetan. Ingat-ingat kembali kiat-kiat menghindari stres saat macet.

Langkah-langkah ini bisa Anda lakukan ketika terjebak di kemacetan :

1. Bila Anda merasa mulai stres, segera tarik napas dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut. Lakukan ini minimal 5 kali. Tujuannya agar oksigen tersuplai ke otak dan Anda dapat berpikir jernih.

2. Pikirkan segala hal positif. Cara ini membantu untuk mengalihkan pikiran dari pemicu stres tersebut. Bila Anda di mobil bersama keluarga atau teman, cari topik obrolan ringan sebagai pengalih pikiran terhadap situasi lalu lintas yang macet.

Nah, jika Anda langganan lewat Bundaran HI, nikmatilah pemandangan penghilang stres berupa tanaman-tanaman warna-warni dan tanamann berbunga yang memang diletakkan untuk mempercantik kota, sekaligus menenangkan jiwa.

3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan, misalnya dengan mendengarkan musik dan ikut bernyanyi. Terlebih bila lagu yang Anda nyanyikan adalah kesukaan. Selain itu juga bisa melakukan stretching ringan sambil duduk di belakang kemudi.

4. Menjaga jarak aman saat macet. Dengan menjaga jarak aman kemungkinan stres dapat diminimalkan, karena Anda sebagai pengemudi jadi tidak terpancing oleh kesalahan pengemudi di depan yang bisa rem mendadak.

 

Foto: Dok Pribadi

  1. Foto Head: Suasana Bundaran HI yang sepi kendaraan pada Senin, 26 Juni 2017, Hari Kedua Lebaran
  2. Foto Tengah: Suasana sepi di Jalan Jenderal Sudirman
  3. Foto Bawah: Suasana sepi di Jalan MH Thamrin
0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This