Bertindaklah, Bangkitkan Pikiran Positifmu

Berpikir positif bisa memberikanmu perubahan hidup yang positif. Itu menyehatkan jiwa dan ragamu.

Tapi kadang-kadang, ada situasi di mana kamu kesulitan membangun pikiran positif. Yang timbul malah pikiran negatif, pikiran buruk, yang akan menggerogoti energimu.

Karena itu, bertindaklah. Jangan biarkan pikiran negatif menguasaimu. Berikut ini ada 10 tips yang bisa membantu:

1. Bergaullah dengan mereka yang positif
Kalau kita dikelilingi oleh orang yang sehari-harinya komplain melulu, marah melulu, pikiran negatif mereka bisa menular lho. Karena itu, lebih baik bergaul dengan orang-orang positif, yang akan menularkan energi positif padamu dan malah itu bisa jadi kebiasaanmu. Catat, akan sulit jadi negatif ketika semua orang di sekelilingmu sangat positif.

2. Jangan bermain role of victim
Ketika kamu berhadapan dengan masalah jangan merasa sebagai korban dan menyalahkan orang lain. Akuilah bahwa kamu juga berperan pada timbulnya masalah itu dan bertanggung jawablah. Dengan begitu kamu akan belajar dari kesalahan dan tak menyalahkan orang lain.

3. Berbagilah
Kamu bisa menjadi sukarelawan dalam berbagai aksi sosial. Membantu orang lain akan memberikan sudut pandang baru padamu dalam melihat dunia dan membantumu berpikir positif.

4. Bacalah hal-hal yang positif dan inspiratif
Pakai waktumu untuk membaca sesuatu yang mendorong pikiran positif. Misalnya membaca Kitab Suci, buku dengan kutipan-kutipan inspiratif, dan sebagainya.

5. Buang pikiran negatif
Selama masih ada pikiran negatif di kepalamu, kamu tidak akan bisa memberikan tempat untuk pikiran positif. Buanglah kata-kata seperti “Aku selalu bikin kacau” atau “Aku tak pernah bisa”. Kalau terjadi kekacauan, berpikirlah, “Baiklah, aku sungguh-sungguh belajar dari pengalaman ini.”

6. Kejar tujuan
Kalau kamu sudah mempunyai tujuan, adanya masalah akan membangkitkan motivasimu untuk mengatasi masalah itu, karena fokusmu pada tujuan.

7. Ingat, konsekuensi pikiran negatif
Pikiran negatif hanya akan membuatmu kurang berusaha, alhasil, peluangmu berhasil juga akan berkurang.

8. Bantu orang lain
Terbiasa memuji orang lain dengan tulus dan menawarkan bantuan, akan membuat perasaanmu lebih baik.

9. Berterima kasih dan bersyukur
Dengan bersyukur dan berterima kasih pada apa yang sudah kamu alami setiap hari. Bikin daftar, apa saja yang kamu syukuri dan pantas kamu berikan terima kasih. Lihat, pada akhirnya, itu akan menjadi kebiasaanmu.

10. Merawat fisik dan mental
Berikan tubuhmu istirahat yang cukup supaya kamu bisa meraup energi baru. Kelola stresmu dengan baik, supaya kamu punya banyak energi untuk berpikir positif.

Foto: Pixabay/Geralt

0 Likes

Deddy Sinaga

Seorang Suami | Ayah | Jurnalis | Arkeolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This