Belanja yang Cerdas, Biar Isi Dompet Tak Amblas

Belanja itu jelas menyenangkan, iya kan? Tapi seberapa banyak dari kita yang kemudian terjebak pada akhir yang menyesakkan. Terlalu banyak (atau asyik) belanja malah membuat kita terjebak masalah. Isi dompet bisa ‘amblas’.

Tak heran kalau ada yang bilang, belanja pun harus cerdas. Seperti apa belanja yang cerdas? Berikut tips praktisnya:

1. Pakai kartu kredit untuk belanja dalam nominal besar

Memang ada yang bilang, sebaiknya hindarilah kartu kredit, supaya kamu tak tercebur dalam masalah keuangan. Tapi percaya deh, masalah itu hanya akan kamu alami kalau kamu tak bertanggung jawab pada penggunaan kartu kredit.

Prinsipnya (Ingat terus ya!), saat punya kartu kredit jangan pernah berpikir kamu punya uang sebanyak limit kartu itu. Kalau punya anggapan begitu, alamat kamu akan jatuh.

Terkait dengan urusan belanja, penggunaan kartu kredit itu menguntungkan, sebab biasanya ada banyak program reward yang ditawarkan merchant atau bank. Kamu bisa dapat antara lain: cashback, potongan harga, airline miles, hadiah, dan sebagainya.

2. Riset, bandingkan

Sebelum belanja, pastikan kamu riset dulu toko atau merchant itu. Apakah pebelanja di sana selama ini puas? Bagaimana merchant itu menanggapi keluhan pelanggan? Bagaimana kualitas produknya menurut pengalaman pebelanja yang lain? dan sebagainya.

Tak ada salahnya membandingkan layanan satu toko dengan toko lain. Juga dalam soal harga. Saat hendak belanja keperluan sehari-hari di supermarket atau toko grosir, kamu bisa cek banyak website yang merilis katalog-katalog belanja. Kamu bisa lihat-lihat dulu, banding-bandingkan harga. Pikirkan juga lokasinya.

3. Bikin daftar belanja

Kalau kamu hendak berbelanja ke supermarket atau toko grosir, sebaiknya siapkanlah daftar belanjaan dan setia padanya. Ini supaya kamu tak berbelanja hal yang tak perlu. Saat sudah di toko dan hendak membeli sesuatu di luar daftar, coba tanyakan pada diri sendiri: “Apakah aku benar-benar memerlukan ini?” Kalau jawaban jujurnya tidak, maka abaikan barang itu.

4. Jangan belanja saat lapar

Sebuah penelitian yang pernah dimuat Reuters, menyatakan bahwa mereka yang pergi berbelanja saat lapar akan cenderung banyak membeli makanan tinggi kalori, junk food, bahkan makanan yang kurang sehat.

5. Tentukan budget dan patuhilah

Saat kamu hendak berbelanja keperluan khusus, misalnya kue ulang tahun, atau furnitur untuk ruang tamu, tentukan dulu budget yang realistis. Saat di toko, kalau barang yang kamu lihat tak sesuai budget, abaikan.

6. Pastikan yang kamu beli berfungsi baik

Terutama saat membeli peralatan elektronik dan sejenisnya. Pastikan barang itu berfungsi dan baik. Pastikan juga ada garansi atau bisa dikembalikan kalau ada masalah. Kalau ada dan sesampainya di rumah terjadi masalah, segeralah bawa kembali ke toko, jangan ditunda-tunda.

Foto: Pixabay/Alexas_Fotos

1 Like

Deddy Sinaga

Seorang Suami | Ayah | Jurnalis | Arkeolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This