4 Aplikasi Android Bikin Kamu Saat Teduh Di Mana Saja dari Smartphone-mu

Saat teduh, kadang niat sih memang besar untuk bisa melakukan hal ini setiap hari, bahkan pagi dan malam. Namun, berbagai kesibukan dan rutinitas harian kita malah sering bikin kegiatan bercakap-cakap dengan Tuhan Yesus ini terpinggirkan.

Kalau sudah begini, rasa bersalah malah jadi sering timbul. “Kok mau saat teduh jadi susah ya?” Bayangkan saja, pagi bangun harus buru-buru beberes buat ke kantor, atau mempersiapkan segala sesuatunya supaya anak-anak bisa berangkat sekolah tepat waktu.

Malam, setelah pulang kantor atau sehabis melakukan kegiatan padat keseharian, kondisi fisik sudah lelah. Bagaimana mungkin mau bersaat teduh di kamar? Episode “masuk kamar”-nya sih benar, tetapi saat teduh di kamar, belum tentu. Yang ada ketika kita merebahkan kepala ke bantal, langsung “doa syafaat” sampai pagi, alias ketiduran sampai jam weker berbunyi sebagai tanda aktivitas harus dimulai lagi.

Nah, jika kondisi seperti ini terjadi pada kamu, ini mungkin bisa menjadi jalan keluar. Pasang saja aplikasi berbasis Android untuk bersaat teduh. Kalau ada aplikasi saat teduh di smartphone kamu, bersaat teduh bisa dilakukan di mana saja, di jam istirahat kantor mungkin, atau di saat-saat jeda sejenak sebelum aktivitas berikutnya.

Ini 4 aplikasi Android untuk saat teduh berbahasa Indonesia yang paling banyak diunduh:

1. WarungSaTeKamu

Saat teduh-WarungSaTeKaMu

Namanya unik sekali. Jika kita mengetik “Saat Teduh” di bagian “Search” di Google Playstore, pastilah aplikasi ini akan muncul paling atas.

WarungSaTeKaMu kepanjangan darri Warung Saat Teduh Kaum Muda. Basis dari Apps ini adalah website WarungSaTeKaMu.org. Di Apps ini kita akan menemukan menu Santapan Rohani. Di bagian inilah kamu bisa membaca Firman Tuhan setiap hari. Kamu juga bisa langsung membagikan bagian saat teduh hari ini di Facebook-mu.

Di Apps ini juga kita bisa melihat berbagai artikel, cerpen, puisi, wallpaper, lagu, video, bahkan komik strip tentang gaya hidup Kristen.

 

2. Renungan Harian

Saat teduh-Renungan Harian

Aplikasi buatan Yayasan Cahaya Bagi Negeri (CBN) juga layak dijadikan referensi. Tak banyak yang diberikan dari segi fasilitas oleh aplikasi ini. Tapi, sederhana itu indah, begitu bukan pepatah yang sering kita dengar?

Renungan Harian bisa kita lihat di kolom Daily Devotional, lalu ayat Alkitab yang layak untuk diingat di hari itu tampil lewat Daily Quotes, kemudian terakhir adalah referensi Bacaan Setahun.

Meski tak banyak kolom fasilitas dari aplikasi ini, terbukti kesederhanaannya telah membuat aplikasi ini banyak diunduh.

 

3. Our Daily Bread

Saat teduh-ODB

Our Daily Bread (ODB) bisa jadi telah menjadi bacaan saat teduh yang akrab di khalayak umum. ODB versi bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Santapan Rohani. Di aplikasi ini memang yang akan diunduh adalah versi globalnya, namun setelah itu kita bisa memilih yang bundel versi bahasa Indonesia.

Setelah memilih versi Bahasa Indonesia, kamu bisa memilih bundel Santapan Rohani setiap bulannya sesuai tahun. Kamu juga bisa memakai fasilitas built-in audio player. Ada juga fasilitas pengingat yang bisa kamu atur, kapan waktu yang pas buat kamu melakukan saat teduh.

Tentu, sekarang zaman sosial media, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas berbagi apa yang kamu baca ke sosial mediamu atau ke email temanmu.

 

4. E-Renungan PSM

Saat teduh-Renungan Harian PSM

Buat kamu-kamu yang biasa menyusun khotbah, situs Sabda.org pastilah sering menjadi bahan pegangan dalam mencari referensi paling bagus. Sabda.org memang menyajikan banyak sekali pengetahuan dan data-data terkait kekristenan di Indonesia, maupun berbagai referensi mendalam tentang firman Tuhan dari berbagai sisi.

Kali ini, Sabda.org bisa jadi menantang kamu-kamu agar makin rajin bersaat teduh. Tantangan itu hadir dalam bentuk Renungan PSM yang merupakan singkatan dari Pagi-Siang Malam. Jadi, kalau kamu unduh aplikasi ini, diharapkan kamu juga berkomitmen saat teduh bukan cuma sekali sehari, tapi tiga kali sehari.

Bisa juga sih, kamu justru memilih dengan enak apakah hari ini mau saat teduh pagi, atau besok malam saja. Yang jelas, bahan bacaannya di Daily Devotional berbeda-beda.

 

Nah, semoga saja dengan mengetahui berbagai aplikasi untuk saat teduh ini, niatan kamu untuk terus membangun relasi dengan Tuhan selalu terpenuhi. Syukur-syukur kalau aplikasi saat teduh di smartphone-mu ini bisa lebih sering dibuka, bersaing dengan game permen berjejer alias Candy Crush Saga yang kadang bikin kamu kelihatan sibuk banget saat pegang smartphone. #Eeeaaa

 

Job Palar

0 Likes

One thought on “4 Aplikasi Android Bikin Kamu Saat Teduh Di Mana Saja dari Smartphone-mu

  • July 11, 2016 at 09:27
    Permalink

    Terimakasih informasinya, sangat berguna 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This